Perancangan Web-1

PERANCANGAN WEB-1

Rekayasa Perangkat Lunak
    adalah satu bidang profesi yang mendalami 
cara-cara pengembangan perangkat 
lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, 
manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa
perangkat lunak sebagai penerapan suatu 
pendekatan yang sistematis, disiplin dan 
terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan 
dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi 
atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan
pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan 
perangkat lunak itu sendiri guna 
mengembangkan, memelihara, dan membangun 
kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa 
untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat 
bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Dalam mempelajari pembuatan sebah perangkat 
lunak terdapat istilah 7 prinsip atau kaidah 
pembuatan, yaitu :
1.Mempunyai alasan yang jelas (the reason it all
exists)
2.Sederhana (keep it simple)
3.Mempertahankan visi (maintain the vision)
4.Apa yang kamu buat, orang lain yang 
memakai (what you produce, other will 
consume)
5.Terbuka kepada masa depan (be open to the 
future)
6.Rencanakan kedepan untuk digunakan 
kembali (plan ahead for reuse)
7.Berpikir ! (think !)

Rekayasa Web
    Rekayasa Web adalah sebuah aplikasi yang 
menggunakan pendekatan sistematis, disiplin, dan
terukur untuk pengembangan, operasi dan 
pemeliharaan aplikasi berbasis Web (Web-Based 
Applications). Rekayasa Web adalah subdisiplin 
dari rekayasa perangkat lunak yang membantu 
menyediakan metodologi untuk merancang, 
mengembangkan, memelihara, dan melibatkan 
aplikasi Web. Powel (1998) mengatakan bahwa 
sistem berbasis Web “melibatkan campuran 
antara print publishing (penerbitan cetakan) dan 
pengembangan perangkat lunak, antara 
pemasaran dan komputasi, antara komunikasi 
internal dan relasi eksternal, dan antara seni dan 
teknologi”
prinsip-prinsip rekayasa Web secara khusus 
meliputi :
1.Analisis dan spesifikasi kebutuhan
2.Teknik-teknik dan metodologi pengembangan 
system berbasis Web
3.Integrasi dengan sistem warisan
4.Migrasi dari sistem warisan ke lingkungan Web
5.Pengembangan aplikasi waktu nyata berbasis 
Web
6.Pengujian, verifikasi, dan validasi
7.Penilaian kualitas, kontrol, dan jaminan
8.Konfigurasi dan manajemen proyek
9.Matriks web untuk estimasi usaha 
pengembangan
10. Evaluasi dan spesifikasi kinerja
11. Pembaruan (update) dan pemeliharaan
12. Manajemen staf, tim, dan model 
pengembangan
13. Manusia dan aspek-aspek budaya
14. Pengembangan user-centric, pemodelan 
pengguna, dan umpan balik serta keterlibatan 
pengguna
15. Pengembangan aplikasi pengguna akhir

Postingan populer dari blog ini

Coding php Pindah antar halaman pada web