Perancangan Web-1
PERANCANGAN WEB-1
Rekayasa Perangkat Lunak
adalah satu bidang profesi yang mendalami
cara-cara pengembangan perangkat
lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan,
manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa
perangkat lunak sebagai penerapan suatu
pendekatan yang sistematis, disiplin dan
terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan
dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi
atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan
pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan
perangkat lunak itu sendiri guna
mengembangkan, memelihara, dan membangun
kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa
untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat
bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.
Dalam mempelajari pembuatan sebah perangkat
lunak terdapat istilah 7 prinsip atau kaidah
pembuatan, yaitu :
1.Mempunyai alasan yang jelas (the reason it all
exists)
2.Sederhana (keep it simple)
3.Mempertahankan visi (maintain the vision)
4.Apa yang kamu buat, orang lain yang
memakai (what you produce, other will
consume)
5.Terbuka kepada masa depan (be open to the
future)
6.Rencanakan kedepan untuk digunakan
kembali (plan ahead for reuse)
7.Berpikir ! (think !)
Rekayasa Web
Rekayasa Web adalah sebuah aplikasi yang
menggunakan pendekatan sistematis, disiplin, dan
terukur untuk pengembangan, operasi dan
pemeliharaan aplikasi berbasis Web (Web-Based
Applications). Rekayasa Web adalah subdisiplin
dari rekayasa perangkat lunak yang membantu
menyediakan metodologi untuk merancang,
mengembangkan, memelihara, dan melibatkan
aplikasi Web. Powel (1998) mengatakan bahwa
sistem berbasis Web “melibatkan campuran
antara print publishing (penerbitan cetakan) dan
pengembangan perangkat lunak, antara
pemasaran dan komputasi, antara komunikasi
internal dan relasi eksternal, dan antara seni dan
teknologi”
prinsip-prinsip rekayasa Web secara khusus
meliputi :
1.Analisis dan spesifikasi kebutuhan
2.Teknik-teknik dan metodologi pengembangan
system berbasis Web
3.Integrasi dengan sistem warisan
4.Migrasi dari sistem warisan ke lingkungan Web
5.Pengembangan aplikasi waktu nyata berbasis
Web
6.Pengujian, verifikasi, dan validasi
7.Penilaian kualitas, kontrol, dan jaminan
8.Konfigurasi dan manajemen proyek
9.Matriks web untuk estimasi usaha
pengembangan
10. Evaluasi dan spesifikasi kinerja
11. Pembaruan (update) dan pemeliharaan
12. Manajemen staf, tim, dan model
pengembangan
13. Manusia dan aspek-aspek budaya
14. Pengembangan user-centric, pemodelan
pengguna, dan umpan balik serta keterlibatan
pengguna
15. Pengembangan aplikasi pengguna akhir